Usaha Yang Menguntungkan saat Ini | BisnisAbiz

Senin, 25 Agustus 2014

Usaha Yang Menguntungkan saat Ini

Usaha Yang Menguntungkan

Mau tau gan Usaha yang menguntungkan saat ini ? mau tau aja! apa mau tau banget nich :D kasih tau gak yah....! kalo boleh jujur, pada dasarnya hampir semua usaha itu tidak menguntungkan! akan tetapi dengan sedikit pengetahuan dan pengalaman usaha apa pun bisa menjadi sangat menguntungkan, hal tersebut terjadi karena dalam usaha kita di tuntut untuk serba kreatif dan cepat tanggap! karena kalau tidak pastinya pesaing kita akan menelan kita hidup-hidup :D , contoh, kita jualan pulsa, dengan harga 55.000 untuk pulsa 50.000, setelah beberapa waktu, banyak orang yang membeli pulsa kita, entah ada angin apa, tiba-tiba muncul pesaing baru! lalu mereka menjual pulsa 50 ribu dengan harga 52.000 otomatis dong, pastinya pelanggan ente akan berkurang, karena pesaing ente ngejual harga dengan harga lebih murah!   

Apa yang akan anda lakukan jika hal tersebut terjadi pada anda, apakah anda akan mengikuti harga pesaing anda, atau justru malah menurunkan harga lebih murah ketimbang pesaing anda? jika saya jadi anda, saya tidak akan menurunkan harga, karena pastinya hal tersebut tidak akan bertahan lama! dan juga dengan menurunkan harga hal tersebut tidak akan menyelesaikan permasalahan malah justru akan menambah masalah! 

Cerita di atas pada dasarnya hanyalah sebuah ilustrasi , yang mungkin bisa terjadi pada usaha anda, karena pastinya dalam bisnis dan usaha persaingan itu tidak bisa dihindari, dan oleh karena itu saya katakan bahwa hampir semua usaha itu tidak menguntungkan! akan tetapi jika anda memang berniat dan serius untuk memulai usaha, hal tersebut pasti ada solusi nya! anyway berhubung artikel ane berjudul tentang usaha yang menguntungkan ! jadi mau gak mau harus kembali ke topik :D ok back to laptop!





ente masih penasaran gan, benar-benar pengen tau usaha apa yang menguntungkan saat ini ? mau tau aja apa mau tau banget nih! hohoohohoh.. pada dasarnya untuk mengetahui usaha apa yang menguntungkan atau tidak anda tidak perlu repot dan pusing-pusing cari ke sana kemari!  dan juga usaha yang menguntungkan menurut si A, belum tentu jadi menguntungkan buat ente :D alasannya cukup sederhana, karena setiap daerah atau wilayah mempunyai pasar dan permintaan masing-masing jadi dengan kata lain, usaha yang menguntungkan menurut artikel yang anda baca, sudah pasti tidak akan menguntungkan!

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui usaha mana yang akan menguntungkan bagi anda, dengan cara yang paling sederhana ! yaitu dengan melakukan hal yang sama pada cerita di atas, akan tetapi kali ini anda menjadi seorang pesaing!  contohnya seperti ini! coba anda perhatikan, di daerah yang akan anda jadikan lokasi usaha anda, lalu lihat usaha apa saja yang ramai pembeli! sebagai contoh, di tempat lokasi usaha anda, ternyata banyak sekali penjual makanan yang sangat laku! seperti pecel lele, sate ayam, nasi padang dan sebagainya! berarti daerah usaha anda cocok untuk usaha makanan, karena sudah jelas hampir penjual makanan di sekitar situ, pada ramai pembeli! mungkin anda ingin membuka usaha yang agak lain, karena anda tidak mau dikatakan sebagai pesaing baru :D atau lata! 

 usaha yang menguntungkan dengan modal kecil


Jika anda tidak mengikuti permintaan pasar, akan ada dua kemungkinan yang akan terjadi pada usaha anda, yang pertama usaha anda tidak laku! karena tidak ada peminatnya, dan yang kedua adalah usaha anda akan ramai! akan tetapi setelah beberapa saat kemudian akan ada banyak orang yang mulai mengikuti usaha anda :D! ujung-ujungnya sama aja, klo gak kita yang di ikutin , atau kita yang ngikut dengan mereka! cara ini dilakukan karena terbilang efektif dan risikonya cukup rendah.

kalau seandainya ente pengen kreatif, hal tersebut bisa saja dilakukan selama tidak melenceng jauh dari niche/tema kesukaan daerah tersebut! dan mungkin akan lebih baik jka digabungkan dengan produk yang lagi trend saat ini! misalkan, lokasi situ yang paling laku terjual adalah makanan, nah usaha terbaik, yang paling jauh adalah dengan mencari , mungkin waralaba makanan yang lagi ngetrend! yang penting jangan terlalu jauh dari tema, misalkan situ menjual peralatan bayi, atau baju anak-anak, sementara di lokasi tersebut sudah terkenal dengan makanannya! jika anda melakukan hal tersebut , besar kemungkinan akan berakibat fatal bagi usaha anda!  karena biasanya jika suatu daerah atau lokasi sudah terkenal dengan satu hal, ada kemungkinan orang-orang dari luar lokasi tersebut akan mencari ke lokasi itu! 

meski pun ada beberapa pengecualian akan tetapi mayoritas permintaan pasar pada umumnya akan selalu mempunyai pola :D nah pola tersebut lah yang harus kita ikuti, sebagai pengusaha, anda harus tahu hal itu! cara nya adalah dengan melakukan survey atau riset pasar terlebih dahulu, setelah anda mendapatkan data dan melihat situasi dan kondisi, besar kemungkinan anda akan mempunyai hipotesa tentang usaha apa saya yang menguntungkan di daerah tersebut.


Kesimpulannya:

Setiap lokasi atau daerah, pada umumnya mempunyai kesamaan permintaan, jika kita ingin usaha kita berhasil atau minimal tidak bangkrut telak, mau tidak mau, kita harus mengikuti pola tersebut, ketika seseorang menulis tentang usaha apa yang menguntungkan versi orang tersebut, belum tentu usaha tersebut akan berlaku sama pada usaha anda, akan tetapi jika kita mengikuti selera pasar atau pola pada tempat di mana kita membuka usaha, besar kemungkinan usaha kita akan sukses ! atau setidaknya kita tidak perlu lagi repot repot branding, tentang produk apa yang kita jual ! 


Referensi artikel :



Ditulis oleh: Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz Updated at : 13.33

Arsip Blog

© BisnisAbiz