Bisnis Motor Bekas Part 2 | BisnisAbiz

Jumat, 31 Oktober 2014

Bisnis Motor Bekas Part 2

 bisnis motor bekas




Bisnis Motor bekas part 2 ini, pada dasarnya adalah lanjutan dari Artikel ane sebelumnya( Bisnis Motor Bekas ) pada tulisan saya sebelumnya, sempat saya menulis bahwa bisnis jual beli motor bekas sangat menguntungkan, dan jika mempunyai modal 1 miliar bisa mendapat kan untung yang lumayan besar! kebenaran banget, saudara ane yang bergerak di bidang bisnis jual beli motor, kemarin sempat telpon ane, dan tidak tahu kenapa, tidak ada angin dan tidak ada hujan, dia bilang katanya ada banyak motor yang mau di jual, bahkan dia bilang ada 5 motor! tapi katanya jual aja dulu 2 motor ! Honda Vario 2013, dan Suzuki Satri fu 2011, pada awalnya ane sempat heran juga, karena 5 motor setidaknya memerlukan 50 puluhan juta, dan rata rata motor yang dia miliki saat ini adalah satria fu, 2011 ke atas. logikanya tidak mungkin kan beli motor satri fu dengan harga 5 jutaan! mimpi kali yee :P, tidak lama kemudian akhirnya ane mulai dah memasang iklan di banyak situs, karena ane dan saudara ane sudah sepakat pada awal, bahwa ane akan membantu penjualan motor bekas lewat media online! 

Berhubung bisnis ini baru dimulai, sekitar pertengahan bulan lalu, jadi untuk saat ini hanya menggunakan iklan gratis, tapi kalau boleh jujur sich iklan gratis di toko bagus dan berniaga bisa dibilang tidak terlalu buruk lah! soalnya 2 motor bekas bisa terjual kurang dari 1 minggu! dan untungnya pun lumayan, kisaran 500 ribuan! jadi bisa terbayang lah, bagaimana potensinya bisnis tersebut! dan anehnya lagi, ternyata saudara ane yang bergerak di bidang bisnis motor ternyata cukup cerdas, yaitu dengan melibatkan secara live kegiatan bisnis motor tersebut dengan salah satu seorang temannya! dan temannya pun melihat, bagaimana potensi bisnis tersebut! mungkin salah satu dari anda mempunyai pertanyaan, kenapa harus melibatkan orang lain, dalam kegiatan bisnis tersebut? Good Question! ane pun pada awal mempunyai pertanyaan tersebut, kenapa orang lain ikut terlibat, dan ternyata teman saudara ane, adalah seorang teman dekat, yang bisa dibilang mempunyai kemampuan finansial yang berkecukupan, dalam artian duitnya lumayan banyak!




Jadi bisa terbayang, kan gan, jika anda mempunyai duit, melihat proses bisnis tersebut secara langsung, tanpa ada kebohongan, transparan dan jujur! dan kalau ente jadi dia, kira kira apa yang akan anda lakukan ? normalnya untuk seseorang yang mempunyai banyak duit, dan jika dia melihat potensi suatu bisnis, pasti! dan pasti, seorang pebisnis akan ikut terjun ke dalam bisnis tersebut! apa lagi, pasar untuk motor bekas, bisa dibilang cukup luas! atau bahkan sangat luas, karena siapa pun dia, biasanya mempunyai kendaraan motor adalah hal yang paling masuk akal sebagai penunjang aktivitas keseharian, jika dibandingkan dengan harus menggunakan transportasi umum! 

Dan benar saja, ternyata teman saudara ane sangat berminat, dan bahkan tidak segan segan untuk membeli banyak motor, dan sempat saudara ane di tawarkan modal 60 juta, not bad lah gan :D 60 juta bisa dapat 5 motor tahun 2013! akan tetapi saudara ane juga cukup cerdas, dia tolak duit 60 juta tersebut, karena karakteristik nya hampir sama kaya ane! dalam artian jujur tapi tidak bodoh! mungkin kalau orang lain di kasih modal 60 juta, pasti langsung diterima! jika kita mendapatkan modal yang lumayan, dari seorang investor pada dasarnya hal tersebut bisa jadi bumerang, karena pastinya ketika seseorang memberikan modal kepada kita, pasti mereka berharap lebih jauh! itu artinya tekanan akan semakin besar! dan kebebasan pun akan mulai mengecil, karena yang biasanya tidak ada terget dan beban, setelah kita mendapatkan kepercayaan dari seseorang pastinya hal tersebut tidak lagi sama!

dalam menjalani sebuah bisnis pada dasarnya kita tidak perlu modal yang cukup besar! kita hanya perlu modal yang cukup, tapi juga bukan berarti harus pas pas an, yang paling terpenting adalah jangan berlebihan! kecuali uang tersebut milik kita sendiri, itu lain lagi ceritanya(jangan ngutang buat modal)! misalnya, kita punya modal 60 juta, lalu kita membeli 5 buah unit motor, lalu kita jual motor tersebut dalam waktu kurang dari 1 minggu! keuntungan yang kita dapatkan adalah 500 ribu per unit, artinya dalam waktu seminggu kita bisa mendapatkan untung sebesar 3 juta rupiah atau 5% dalam waktu satu minggu! mungkin sebagian dari anda akan berpikir, jika modal 60 juta, dan bisa mendapatkan untung 5% dalam waktu kurang dari 1 minggu, berarti jika modal 600 juta, kita bisa mendapatkan untung 30 juta rupiah, berarti dalam waktu 20 minggu, kita akan mencapai BEP! jika anda berpikir seperti itu, anda salah besar :D, mungkin untuk beberapa waktu dan beberapa kasus, bisa saja hal tersebut terjadi! akan tetapi dan sayangnya dalam kehidupan nyata hal tersebut belum tentu terjadi! artinya secara perhitungan teorinya seperti itu, tapi pada kenyataannya hehehehe :D.(not so fast cowboy ;)

yang paling terpenting dalam sebuah bisnis pada dasarnya bukanlah seberapa besar modal yang harus kita miliki, akan tetapi seberapa detail kita mempunyai pengetahuan akan industri bisnis tersebut atau biasa disebut dengan pengetahuan/informasi! Informasi, pengetahuan, atau pun pengalaman bisnis adalah hal yang paling esensial/utama/penting dalam kesuksesan sebuah bisnis, karena pada kenyataannya, untuk mendapatkan modal tidak lah terlalu sulit ;) mungkin tidak semua orang bisa mendapatkan modal dengan mudah, tapi saya bisa jamin kok gan, kalau ente ahli pada bidang tertentu, dan ente bisa membuktikan, ane pikir, ente tidak akan mengalami kesulitan yang berarti dalam mendapatkan modal!  buat para investor yang penting di mata mereka cuma satu, yaitu kejujuran! entah itu investor luar atau pun lokal mereka akan menilai kejujuran anda! pasti! mau tau alasannya gan ? ;) jawabannya sederhana kok, mereka sudah sering di bohongin, oleh para pelaku bisnis! :D , oleh karena itu kalau ente bohong pasti mereka tau ;) hehehhe mungkin karena seringnya di bohongin kali yah gan :D hahahhaa. 

ok back to lap top! dalam menjalani suatu bisnis yang kita perlukan pada dasarnya hanya tiga hal, 
  • Produk
  • cara menjual
  • Modal/dana

Untuk produk, mau tidak mau kita harus membuat atau membeli suatu produk! karena jika tidak, kita tidak bisa berbisnis, setelah kita memiliki suatu produk, tugas kita selanjutnya adalah Menjual! bedanya pebisnis amatir dan pro, yaitu ada di penjualan! :D mungkin perbedaan yang mencolok adalah perspektif nya saja, kalau caranya hampir sama, dan gak mungkin jauh berbeda, akan tapi biasanya yang pro punya senjata rahasia ;) wew! kalau ente tidak percaya coba perhatikan perusahaan perusahaan besar ;) biasanya orang orang marketingnya itu sudah diberikan secret weapon lah :D, nanti dia akan menggunakan itu, untuk saat saat tertentu terutama untuk target yang cukup besar! mungkin ketika moral menjadi suatu ukuran dalam bisnis, bisa dibilang hal ini cukup bertentangan! tapi juga bukan berarti tidak bermoral banget sich gan, cuma biasa lah dalam bisnis pasti terjadi hal hal seperti itu! mungkin anda akan bertanya apakah hal tersebut etis dalam dunia bisnis ! jawabannya tentu saja tidak, karena kalau ketahuan pasti perusahaan tersebut akan terkena sanksi! :D mungkin anda penasaran senjata rahasia apa yang dimaksud? contoh simplenya gini aja gan, kenapa kok banyak para pejabat di tangkap oleh kpk ? ente pasti udah tau dong jawabannya :D

yang terakhir adalah modal atau dana tambahan, jika anda ingin bisnis anda berkembang pesat, pastinya anda akan membutuhkan modal yang besar pula, karena segala sesuatu yang besar biasanya akan membutuhkan biaya yang besar pula, atau setidaknya pengeluaran anda akan lebih besar dari bisnis sebelumnya! modal besar itu penting dalam bisnis, akan tetapi bukan berarti modal kecil tidak bisa! yang saya maksud adalah modal besar hanya diperlukan pada waktunya, karena pada awal perjalanan bisnis seseorang pasti tidak akan butuh modal besar! singkatnya seperti itu.



rangkuman:

Intinya adalah, mulai lah sebuah bisnis dari modal kecil terlebih dahulu, entah bisnis A atau Z sekali pun! setelah anda cukup memahami aturan mainnya baik itu tertulis atau tidak tertulis, barulah anda coba untuk memperbesar skala bisnis anda! tidak ada yang tahu apakah bisnis yang anda jalani bisa sukses atau tidak! tapi yang pasti, waktu dan proses dalam kegiatan bisnis tersebut, anda bisa melihat dan merasakannya sendiri! saran saya adalah, gunakan dengan bijak pengetahuan yang anda dapatkan dari bisnis anda, maka niscaya kesuksesan akan menghampiri anda ;)

thank you for reading my articles about Bisnis Motor bekas part 2



Ditulis oleh: Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz Updated at : 18.48
© BisnisAbiz