Tips Ampuh agar Sukses dalam Dunia Kerja untuk fresh graduate | BisnisAbiz

Selasa, 17 Februari 2015

Tips Ampuh agar Sukses dalam Dunia Kerja untuk fresh graduate


Sukses dalam Dunia Kerja

Mencari pekerjaan memang tidak mudah, terlebih jika anda baru saja lulus dari bangku sekolah atau pun sarjana yang baru saja lulus! ;) I was there before, so I know how it felt! ;) hehehe! Biasanya gan, 99% perusahaan, itu tidak terlalu suka dengan tenaga kerja yang tidak bisa apa apa!apa lagi kalau anda ingin bekerja di perusahaan top 10 di Indonesia!  atau pun asing! prinsip dasar perusahaan besar pada dasarnya adalah they can pay big salary ;) mereka bisa membayar anda dengan gaji tinggi! kalau sebuah perusahaan mau dan mampu membayar gaji karyawan tinggi! apa mungkin mereka mau menerima pekerja yang ecek ecek!  logikanya sih tidak mungkin yah kan ;) bisa saja, sebuah keberuntungan terjadi, tapi kalau saya jadi anda, saya tidak akan mengandalkan keberuntungan terlalu banyak! dan kalau boleh jujur, berharap pada keberuntungan, sakitnya tuh di sini gan ;) iyah di sini :D hahaha!

Mungkin sebagian dari anda yang baru saja lulus dari bangku pendidikan, akan mulai bingung dan bertanya! bagaimana mungkin lulusan baru/fresh graduate punya pengalaman ? saya yakin pasti anda akan berkata, gan, bukannya ada lowongan khusus untuk fresh graduate! yep, ada namanya GDP atau Graduate developement program! memang ada, dan biasanya perusahaan besar yang ingin melebarkan sayapnya pasti punya program khusus seperti itu ;) tapi gini aja brur! logis gak kalau ada perusahaan yang mau membayar seorang karyawan nya dengan gaji tinggi, tanpa ada embel embelnya ;) paham lah kamsut ane ;) 




Inti dari program GDP pada dasarnya adalah pelebaran dan perataan dengan sistem jaminan ;) mungkin sebagian dari anda saat ini malah tambah bingung :D yah kan! hayo ngaku! analoginya seperti ini, misalnya ente orang jakarta, masuk dan di terima di program GDP! lalu anda mendapatkan training selama 6 bulan! kalau ente kerja lagi di area jakarta pasti gak efektif dong ;) yah kan ? tapi kalau ente di tempatkan di luar pulau, pasti dan logikanya ente akan bekerja keras ! dengan kata lain efektif dan efisien ;) yah kan! intinya gan program GDP itu adalah untuk di buang di luar pulau ;) tapi kalau ente suka jalan jalan atau punya jiwa petualang! saya yakin program GDP adalah program yang terbaik untuk anda! dan keuntungan program kerja seperti itu adalah, karir ente bisa cepat naik :D karena biasanya brur, kalau ente mempunyai track record kerja yang baik di luar pulau! biasanya mental ente pasti beda !  yep! dengan kata lain ente gak jago kandang ;)!

Saya yakin 5 dari 10 orang pasti gak mau keluar pulau ;)  yah kan! brur, ketika perusahaan impian anda, tidak bisa menerima bakat yang anda miliki! itu bukanlah akhir dari petualangan anda ;) trust me! dan satu hal lagi, brur! untuk mendapatkan jutaan atau puluhan juta, itu bukan berarti ente harus kerja di pabrik! ;) untuk beberapa orang memang iyah! tapi bukan berarti hal tersebut akan terjadi hal yang sama pada diri anda :) ok, langsung aja kali yah ke tips agar anda bisa sukses dalam dunia karir!

  • Kenali minat dan bakat Anda, hal ini sangat penting! karena bakat dan minat terkadang bisa membawa anda pada sebuah kesuksesan! ketika seseorang melakukan sesuatu yang dia sukai dan tepat pada minatnya, ada kemungkinan besar, orang tersebut akan melakukan yang terbaik, dan menjadi yang terbaik di antara ribuan atau bahkan puluhan ribu orang ;)
  • Kembangkan kemampuan anda! setiap manusia biasanya punya kemampuan yang berbeda-beda, ada beberapa orang yang cukup ahli dengan bahasa, ada beberapa yang cukup ahli dengan menghitung, ada juga yang ahli dalam menghafal! apa pun itu kembangkan kemampuan tersebut, karena niscaya hal tersebut bisa menjadi nilai jual anda dalam dunia kerja!
  • Bergaul dengan orang yang ahli dalam bidang tertentu! pastikan anda mempunyai teman yang mempunyai keahlian khusus yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan anda! belajar banyak dari orang tersebut, niscaya kemampuan anda akan meningkat dengan pesat! ;) 
  • Tips yang terakhir adalah lakukan uji coba nyata! hal ini dapat membantu mengukur kemampuan anda, apakah anda sudah cukup ahli atau tidak!


dari 4 tips di atas yang sudah saya tulis intinya adalah, kalau pun anda sebagai fresh graduate anda belum punya banyak pengalaman, setidaknya anda tahu, minat, bakat, dan kemampuan anda ada di bidang apa! dengan mengetahuinya anda dapat mengasah hal tersebut dan mengubah hal tersebut menjadi nilai jual! sementara, tips yang ketiga adalah sebagai mentor anda! dan yang ke empat sebagai portfolio anda!

contohnya, sebut saja anda anak band! jago main gitar dan alat musik lainnya! anda cari mentor yang tahu tentang industri musik! dari situ anda akan mendapatkan beberapa gambaran tentang bagaimana cara kerja industri tersebut! semakin ahli mentor anda, maka semakin baik kesempatan anda untuk bisa sukses! karena pastinya dia tahu beberapa tips dan trik tentang industri tersebut ;) nah yang ketiga adalah, test ! apakah kemampuan anda sudah cukup bagus atau belum! mungkin kalau dalam industri musik, anda buat sebuah band, ciptakan lagu, ikut festival musik, lalu rekaman! setelah selesai, coba deh industri musik! kali aja ente bisa terkenal :)

contoh di atas, hanya sebuah analogi saja, dan sebagai garis besar! tapi intinya adalah, langkah dan tips yang saya berikan adalah optimisasi bakat dan minat anda, yang tujuannya adalah agar anda bisa mencapai sukses dalam waktu yang cukup singkat ;) trust me! it works like a charm ;)


coba cari di sini gan, kalau ente kurang puas :D

http://job-search.jobstreet.co.id/indonesian/browse/fresh-graduate-entry-level-jobs-by-specialization.html

Ditulis oleh: Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz Updated at : 07.48

Arsip Blog

© BisnisAbiz