Promosi Bisnis Sudah, Apa selanjutnya ? | BisnisAbiz

Minggu, 01 Maret 2015

Promosi Bisnis Sudah, Apa selanjutnya ?


Promosi Bisnis


Sebelumnya saya sudah menulis tentang "Promosi Bisnis" adalah langkah yang paling masuk akal! setelah kita memilih bisnis yang yang menguntungkan based on our version! Mungkin sebagian dari anda akan mulai bertanya, kok bisnis menguntungkan versi kita gan ? bukannya bisnis menguntungkan adalah bisnis modal kecil untung 1 miliar gan :D atau bisnis menguntungkan itu adalah kata para pakar bisnis :D, well brur! kalau kata orang! bisnis tersebut menguntungkan, hal tersebut bukan berarti ketika anda menjalani bisnis tersebut lantas nasib ente langsung berubah 360 derjat! there is no such a thing brur!  trust me ;) kalau hal tersebut memang benar ada, kemiskinan gak ada dong ;) kekekekek! yah toh!

ok back to laptop! biasanya kalau bisnis yang kita pilih sudah tepat, biasanya nih brur! ;) ada ciri cirinya! mau tau gak nih ;) apa gak mau tau :D yah udah deh, gak ane kasih tahu :D soalnya ane takut ente merasa bosen! ;) hehehee! yah udah deh, ane kasih tahu :D dari pada entar ente ngambek ;) kikikikikik! ciri ciri bisnis yang kita jalankan sudah benar dan tepat adalah, Konversi nya lumayan bagus,untungnya lumayan, persaingan tidak terlalu ramai, dan pasarnya luas atau tidak terlalu kecil! sekedar info, konversi dalam bisnis artinya perbandingan antara promosi dengan penjualan! misalnya, kita nawarin 100 orang, lalu yang beli 10 orang! berarti tingkat konversinya adalah 10%, konversi 10% adalah termasuk epik, apik juga boleh :D 1-5% termasuk normal! di bawah 1% artinya buruk! kaya blog ane :D kikikikik! sementara 50% termasuk fenomenal! rata rata konversi sudah bisa di nilai setelah mencapai ribuan orang! artinya jika ribuan orang sudah anda tawarkan dan tingkat konversi masih bertahan di kisaran angka 1% berarti bisnis yang anda pilih termasuk bisnis normal!



ciri-ciri dan gambaran di atas, pada dasarnya adalah sebuah contoh! yang bisa anda bandingkan, setelah anda sudah melakukan promosi dan pemasaran pada bisnis yang anda pilih! jika bisnis yang jalani saat ini mendapatkan penjualan dan konversi di atas 5% itu artinya anda sudah berada pada jalan yang benar ;) selamat ! anda hampir sampai! ;) akan tetapi jika konversi penjualan anda ada di bawah 1%, atau tidak terlalu baik! ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan konversi tersebut! pasti ente penasaran dong ! ingin tahu triknya, agar konversi penjualan anda meningkat drastis ;)!  atau mungkin ente tidak mau tahu ;) kikikkik!

sebelum kita membahas hal tersebut lebih jauh dan lebih dalam ;) kita harus tahu beberapa hal dasar! tujuannya adalah agar tidak salah kaprah! terkadang brur! konversi di bawah 1% termasuk dalam kategori normal! jika seseorang yang anda tawarkan tidak sesuai dengan kriteria pasar anda! misalnya, purchasing power atau daya beli mereka tidak terlalu bagus atau rendah! tidak ada minat atau tidak tertarget, bahasa umur,dan sebagainya.

contoh mudah! ente buka toko di mall, jualan alat dan servis komputer ! pasti bangga dong dan bisa pamer ama tetangga ;) tapi sayang gan, pasti penjualan ente gak bagus ;)alasannya sederhana, karena orang yang ingin membeli komputer atau pun ingin memperbaiki kerusakan komputer! tidak akan berpikir ke mall :) dengan demikian, walau pun pengunjung mall tersebut sangat banyak, katakanlah 10 ribu pengunjung setiap harinya! tetap saja konversinya pasti rendah ;) triknya adalah ente harus cari mall yang di mana sudah menjadi mindset orang banyak! misalnya kalau kita ingin beli hardware komputer rakitan, pasti pikiran kita ke glodok yah kan :D jadi kalau kita berjualan di tempat tersebut dengan otomatis, konversi penjualan anda akan sangat sangat tingi!

Dan biasanya biaya sewanya pun mahal! hal tersebut sangat wajar, karena pastinya akan ada ribuan penjual yang berebut tempat :D akan tetapi jika modal anda pas pas an! anda tidak perlu berkecil hati! karena pastinya ada cara lain ;) mau tau caranya ? atau gak mau tau ;) hehehhee! teknik ini disebut dengan menyerobot pelanggan! :D kikikikkik, pada dasarnya teknik ini sudah digunakan oleh orang orang asing! jadi dengan kata lain lumayan ampuh :D, caranya adalah dengan berpromosi pada tempat tempat yang strategis, dan memiliki pengunjung yang tertarget! misalnya ketika orang ingin membeli komputer murah atau pun rakitan, pastinya banyak orang akan berpikir dan pergi ke glodok! dengan demikian, jika kita melakukan promosi secara intensif di glodok, entah itu spanduk, selebaran dan sebagainya! besar kemungkinan akan mendapatkan pembeli dalam jumlah banyak!

mungkin sebagian anda akan bertanya, kenapa berpromosi di glodok, sementara glodok adalah tempat berjualan, dan gudangnya komputer murah ? berarti kan sama saja, kita bersaing dengan pemain besar ! gud question! :D ketika suatu tempat sudah terkenal dengan tema tertentu, kalau pun murah! bukan berarti memang benar benar murah! dan biasanya suatu tempat terkenal lantaran mindset orang sudah terbentuk! itu artinya akan ada banyak orang pergi ke tempat tersebut, dari generasi ke generasi! besar kemungkinan, tempat tersebut akan dikunjungi oleh jutaan orang! jadi bayang kan jika anda berjualan ditempat tersebut, atau berpromosi ! besar kemungkinan anda akan kaya raya ;)

Ketika kita berjualan di lokasi yang strategis, besar kemungkinan dagangan kita akan laku :D yah kan! tapi sayangnya biaya sewa di tempat tersebut pasti mahal ! jadi triknya adalah tetap berjualan, tapi tidak harus sewa di tempat tersebut :D paham kan brur, kamsut ane ;) kalau ente gak percaya, coba deh ente pasang spanduk, trus tulis kata komputer rakitan kualitas tingi harga terjangkau dan bla,bla..bla! :D pasti ada yang nelpon ente ;) tapi inget brur, posisi spanduk harus strategis! dan harus terlihat oleh ratusan ribu orang! :D pokonya jangan sampai tulisannya kecil, dan tidak menarik! :D karena anda hanya mempunyai beberapa detik, untuk menarik perhatian calon pelanggan anda ;)

Mungkin sebagian dari anda akan berkata, kan itu bayar gan!  gak gratis ? yah iyah lah brur! masa ente mau dapat duit tapi gak mau keluar duit ;) dari mana ceritanya itu :D hehehhee! brur! jika seorang pebisnis, mau mendapatkan miliaran rupiah! berarti anda harus siap mengeluarkan puluhan hingga ratusan juta ;) blog jelek ane aja, udah keluar duit banyak ! masa ente gak mau ngeluarin duit! malu dong ama blog jelek ane ;) yah toh!

Pesan moralnya adalah! anda tidak harus sewa tempat di lokasi yang strategis! tapi cukup dengan memasang spanduk atau pun cara promosi lainnya, yang menurut anda efektif! usahakan di tempat yang menuju lokasi strategis tersebut, karena tujuannya adalah anda menghadang calon pelanggan ;) oleh karena itu, metode ini disebut dengan menyerobot calon pembeli! ;)
Ditulis oleh: Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz Updated at : 14.30

Arsip Blog

© BisnisAbiz