Tutorial Bisnis Online Untuk yang benar benar Pemula | BisnisAbiz

Kamis, 02 April 2015

Tutorial Bisnis Online Untuk yang benar benar Pemula




Tanpa terasa sudah 31 maret 2015! perasaan seperti sudah setahun saya gak update blog ane( bisnisabiz ) :P(nggak segitunya juga kalees :P ), kalau boleh curcol nih gan, ane lagi sibuk ama blog bule ;) hehehe (gaya gayaan lu gan bahasa inggris ente aja blepetan ) mau tahu gan niche blog bule yang ane incer! yep, tebakan ente benar! yaitu blog Forex! ane juga kaga yakin sich, apakah blog bule ini bisa mendapatkan ribuan pengunjung seperti blog ini atau tidak! kalau pun tidak setidaknya ane gak rugi rugi amir! :P hehehe! karena modal untuk membuat blog forex pun tidak terlalu besar :) i,e bisnis online kecil kecilan ;) hehehehe!

Saya yakin sebagian dari anda saat ini mulai mengerutkan alis! dan dalam hati berkata, wadepak! ;) betul gak brur! :D kikikikik! memang harus ane akui pembukaan paragraf pertama, kaga nyambung sama tutorial bisnis online :) akan tetapi brur, ngeblog itu kan, a.k.a bisnis online :) yah kan ? jadi masih 11-12 lah ;) hehehehe!(bisa aja ente gan, ngelesnya! kaya bajai :D anyway, bytheway, busaway(90 an bangtz) klo kita berbicara tentang bisnis online pasti ujung-ujungnya gak jauh jauh dengan apa yang namanya Ngeblogs, Bisnis afiliasi, Onlineshop/Toko online, Dropship/reseller, SEO and etc! betul gak ?(iyah iyah aja deh gan, daripada urusannya panjang) :P

Bisnis online pada dasarnya sama seperti bisnis offline, 11-12 lah! yang membedakan bisnis online dan offline hanya landscapenya saja! kalau bisnis online kita jualan produk dengan menggunakan e.g Toko, Warung, Kantor dan sebagainya i.e lapak offline! sementara kalau kita bisnis online, yaitu berjualan produk dengan menggunakan platform online, bisa juga website, blog, sosial media, email dan sebagainya! tapi intinya adalah kita jualan produk atau jasa, dengan harapan bisa mendapatkan selisih harga I.e profit/keuntungan! in a nutshell gan! bisnis online dengan offline 11-12 :)


tanpa terasa sudah 3 paragraf, ane ngebulshitin ente ente pade ;) kikikikik! tapi wajarlah yah kan, sekali kali ane ngebulshitin yang ngebaca artikel ane! ;) ok, back to lap top! berhubung judul artikel ini tutorial bisnis online, mari kita bahas lebih detail, tentang tutorial bisnis online :) (serius nih gan)

pada dasarnya brur, bisnis online itu gampang dan gak sulit kok :) dan ane yakin nenek2 dan anak SD pasti bisa ;) tapi dengan syarat! tuh nenek dan anak sd harus baca seluruh artikel BisnisAbiz :P (serius ini gan) contohnya tuh anak SD pengen bisnis game online ! , logikanya gak mungkin kan tuh anak SD, bikin game online :) kalau pun bisa, pasti butuh biaya yang tidak sedikit, meski pun sebenarnya kita bisa mesen game buatan kita sendiri ke developer ;) jadi ente bikin konsep mentah nya, lalu ente bayar deh developer buat bikin game ;) baru game itu ente kasih nama ente ;) biar keren! biayanya juga bisa disesuaikan :) so, nanti kalau suatu saat ada anak SD bikin game online dan masuk berita ;) ente gak usah kaget! ;) karena udah tahu triknya :D kikikikik!

ok, kita lanjut lagi, ke bisnis game online! kalau pun kita sudah punya game bisnis online, tetep dong, gak mungkin orang orang menggunakan game kita! apalagi kalau game kita tidak gratis alias bayar ;) kalau ente benar benar cerdas! bagaimana tuh solusinya ? hayooo! :), kalau game ente benar benar bagus dan bikin kecanduan silakan pasang tarif atau harga perdownload ! cuma, saran ane gan ente kasih dua pilihan! kasih pilihan gratis juga, tapi fiturnya terbatas, dan ada iklannya di game tersebut! setidaknya ente masih bisa dapet uang dari game gratisan! gampang kan :) yah pasti gak lah gan, kalo gampang nanti semua orang pada kaya dong :P bisa kacau dunia! hehehehe!

Ok, back to lap top! inti sari dari pada bisnis tidak lebih dan tidak kurang ialah jual beli! para trader forex sering menyebut istilah buy low sell top! artinya beli semurah murahnya jual setinggi tingginya! tapi pada kenyataan yang akan kita hadapi adalah kita beli dengan harga tinggi, dan menjual dengan harga rendah i,e rugi! singkat kata bad business ;), pebisnis yang cerdas, akan mencari cara ! bagaimana cara mendapatkan produk murah, agar bisa dijual sesuai dengan harga toleransi pasar, karena tujuannya adalah fast money :) betul gak!

Contohnya, kita tahu sumber untuk membeli produk A itu lebih murah kalau kita beli dari pabrik langsung(misalnya), akan tetapi untuk mendapatkan harga murah dari pabrik biasanya kita harus membeli dengan jumlah minimal, misal 100 unit atau 1000 unit, sementara modal kita sangat terbatas! kalau kita ngotot berhutang, dan namanya bisnis ada saja risiko tidak laku! bisa bisa ente di kejar kejar debt collector :D saran saya adalah ente jangan berhutang, tapi cari pabrikan yang bisa memberikan harga murah dengan pemesanan minim! :) pasti sebagian dari anda, bingung! dan mulai bertanya, di mana kita harus mencari pabrik atau supplier yang bisa menyediakan harga terjangkau dan bisa di jual kembali ? betul tidak :D

Sebenernya gan, ada dua cara, yang pertama adalah dengan mendatangi sentra home industry, contohnya PIK, daerah indutri kecil di bandung, pasar tanah abang atau ente bisa cari data perusahaan kecil di situs UKM, atau kalau ente mau bisa juga di Indonetworks, alibaba(internasioanal) dan sebagainya! cara kedua yang berbayar tapi tanpa ribet! intinya sih kita ikut situs membership yang mempunya banyak supplier via online, dan situs tersebut sebagai pihak ketiga atau perantara, agar pesanan kita aman dan terjamin! tapi yah gitu gan bayar 100 ribu rupiah :D untuk detailnya baca artikel ini (bisnis toko online)

Jika kita sudah mendapatkan list supplier yang banyak dan harganya pun bisa dijual kembali, barulah kita mendatangi situs situs marketplaces, seperti! tokopedia, bukalapak, olx dan sebagainya! tujuannya adalah kita menjual produk supplier di situs situs tersebut! Idealnya sih gan, ente mempunyai onlineshop sendiri! agar bisa bebas menjual dengan menggunakan iklan berbayar, seperti Google adwords , facebook ads dan sebagainya!


Pesan moral nya adalah

Prinsip dasar bisnis online adalah Buy low sell top! cari produk murah lalu di jual kembali agar mendapatkan untung yang lumayan! lakukan ini berulang ulang, maka niscaya keuntungan anda akan meningkat berkali kali lipat! ;) dan seperti biasa yah gan! untuk melakukan bisnis! itu tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan! hanya orang orang tertentu saja yang bisa melakukan hal ini dengan sangat baik! dan kalau pun mudah, semua orang pasti pada kaya :) kalau semua orang kaya! repot dong gan ;) bisa bisa 1$ bukan 13.000 tapi 1300000 :D a.k.a Inflasi ;) dan seperti orang bijak katakan! Hidup ini memang di ciptakan untuk tidak adil ;) karena yang membuat peradaban manusia semakin maju dan berkembang dikarenakan prinsip dasar tersebut :) i.e kompetisi
Ditulis oleh: Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz Updated at : 06.08

Arsip Blog

© BisnisAbiz