Konsep Dasar Sebuah Bisnis yang menguntungkan | BisnisAbiz

Minggu, 16 Agustus 2015

Konsep Dasar Sebuah Bisnis yang menguntungkan

Bisnis yang menguntungkan pada dasarnya memiliki konsep yang sederhana, yaitu beli pada saat harga rendah, lalu di jual kembali dengan harga yang bisa diterima oleh pasar! sekilas teori ini terdengar sederhana, meski pun memang sederhana, tapi sayangnya tidak semua orang bisa menerapkan hal ini dengan mudah! lantaran salah kaprah!(salah pengertian) contohnya, bisnis jual beli motor bekas! misalnya harga motor ABC pasarannya adalah 12 juta, jika kita bisa membeli motor dengan harga 9 juta(entah dari mana), maka potensi keuntungan yang akan kita dapatkan adalah 3 juta rupiah, dan jika kita bisa mendapatkan 10 motor, maka keuntungan yang bisa kita raih adalah 30 juta rupiah :D

Sekilas  bisnis jual beli motor terdengar sangat menggiurkan! bagaimana tidak 30 juta gitu loh gan ;) ,meski pun 30 juta bukanlah angka yang fantastis, tapi UMR bule2 sekitar itu, jadi dengan kata lain jika income ente 30 jutaan, berarti ente setara dengan standar hidup para bule2 :D hehehee!  ok back to lap top!

pendapatan dari bisnis jual beli motor, memang menggiurkan tapi pertanyaan besarnya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan 10 motor dengan harga  9 jutaan dan bisa di jual kembali dengan harga 12 juta! karena hal tersebut pastinya bukanlah pekerjaan mudah! karena kalau mudah percaya atau tidak percaya gan, untungnya jadi turun :D that's the tricky part in business ;) semakin banyak persaingan maka harga akan semakin dibanting! maka jangan heran jika para pebisnis selalu menganggap informasi sebagai hal penting!





Pada dasarnya untuk mendapatkan motor dengan harga rendah tidaklah sulit, anda hanya perlu informasi siapa yang menjual motor, lalu anda bernegosiasi dengan si penjual tersebut! dan untuk mencapai hal ini, di perlukan tingkat negosiasi yang baik! karena intinya anda ngebluff aja, atau ngegertak atau ngiming2in, si penjual! itu aja sih :D , jika anda sudah berpengalaman dalam bisnis jual beli motor saya yakin anda tidak akan sulit melakukan hal tersebut! tapi jika anda baru, saya yakin anda akan mengalami kesulitan! entah itu info si penjual, cara negosiasi, cara memasarkan dan lain sebagainya!

Untuk para pemula yang baru saja ingin memulai bisnis sayangnya tidak bisa atau mengira bahwa bisnis itu sulit dan penuh dengan tantangan! saya tidak bilang bahwa bisnis itu harus kerja keras jika ingin berhasil dan rajin beramal or what so ever(atau apa pun itu)! yang saya maksud bisnis itu sulit adalah bisnis itu mustahil bagi orang biasa untuk bisa berhasil! :) berdasarkan atas penelitian setiap harinya itu sekitar 137.000 perusahaan baru di lahirkan! tapi di satu sisi sekitar 120 ribu perusahaan setiap harinya yang mengalami kebangkrutan! atau jika kita hitung sama dengan 137rb - 120rb=17ribu/7 miliar! yep! kurang dari 1% yang bisa berhasil! (sumber: http://www.moyak.com/papers/business-startups-entrepreneurs.html) jadi bisa anda bayangkan betapa sulitnya melakukan bisnis ;) hehehe!

Apakah anda takut melakukan bisnis, setelah mengetahui kenyataan pahit tersebut :) kalau anda waras pasti anda mulai berpikir 100 kali untuk melakukan bisnis ! karena jujur saja, kalau saya jadi anda pun akan berpikir hal yang sama! tapi bukan berarti anda tidak bisa sukses, hanya saja kemungkinan anda menjadi pebisnis yang sukses adalah 99% kemungkinannya anda gagal! :D , jika anda tidak percaya coba saja! bisnis apa pun yang anda pilih, pasti anda gagal! apa pun bisnis nya , entah itu waralaba, toko online, forex, ekspor impor, warung kelontong atau apa pun itu! ;) trust me gan! pasti gagal!   KECUALI!  anda melakukan bisnis tanpa risiko yang besar :) artinya kalau pun gagal, kegagalan bisnis tersebut tidak membawa efek apa pun, why not ! betul gak! toh kalau gagal juga anda tidak rugi :D,  yang membuat sebuah bisnis menjadi sangat menakutkan , dan dramatis adalah karena faktor risiko yang terlalu tinggi!

Contohnya, anda melakukan bisnis forex, butuh modal 100 juta, sementara pendapatan ente 3 juta rupiah per bulannya! jika anda trading forex dan loss 100 juta, itu sama saja, anda tidak makan selama 30 bulan! atau 2,5 tahun lebih! dalam bisnis rugi itu adalah hal yang biasa! tapi kalau anda sampai tidak makan selama 2,5 tahun, itu baru luar biasa ;) whehehehehe!  intinya adalah jika anda ingin melakukan bisnis pastikan bisnis tersebut tidak mengandung risiko yang besar! dan rata rata nih gan, jika anda membaca biografi para pebisnis sukses, mereka bukan tipe risk taker! contoh aja Warren buffet! tahukah anda gan, dia menggunakan duit rekanannya untuk bisa berhasil dan menjadi kaya raya! dan kalau tidak salah dia tidak menggunakan uangnya sendiri sepeser pun(mungkin sedikit)! :) hebat bukan! tapi memang kelebihan warren buffet itu Jenius, bisa dipercaya, dan gak licik ! tahu sendiri kan gan! rata rata orang kaya raya, pasti suka orang pintar yang jujur! karena logikanya orang pintar  (kebanyakan/cenderung/dominan) licik ;)

berhubung bahasan di artikel sudah mulai ngalor ngidul, saya akan berikan beberapa tips agar anda bisa memilih bisnis yang menguntungkan!

  • Yang pertama adalah, pilih bisnis yang anda pahami, atau setidaknya suka dengan bisnis tersebut! karena biasanya jika anda menjalani bisnis itu, anda bisa dengan mudah menekan biaya produksi dan pengeluaran yang tidak penting! dan hal ini pastinya akan meningkatkan efisiensi bisnis anda menjadi sangat efisien! ingat yah gan! efisiensi itu bukan PELIT! jadi kalau anda suatu saat nanti menjadi pemilik perusahaan jangan pelit pelit amat :D karena kalau kita lihat perusahaan Jepang, atau US, atau eropa! biasanya gak pelit , tapi toh mereka sukses! jika dibandingkan dengan perusahaan yang sudah terkenal sangat sangat pelit! ;) you know what I mean (tahulah kamsut ane) :D  
  • Tip yang kedua! Semakin anda lama dalam sebuah bisnis, maka anda akan semakin pintar! artinya jika anda fokus dalam bisnis apa pun! besar kemungkinan anda akan sukses! tapi untuk bisa fokus dan bertahan, anda perlu melakukan tip yang pertama!
  • Tip yang ketiga! jangan terburu-buru! dalam sebuah bisnis di perlukan timing atau pun waktu yang tepat! artinya anda tidak bisa bisnis anda di push dan menjadi no.1! karena biasanya risiko akan menjadi besar! belum lagi tantangan dari para pesaing anda! jadi alon alon asal kelakon aja :P yang penting kan aman, dan konsisten! karena hal tersebut lebih dari cukup!
  • Tip yang ke 4, Diversifikasi! atau variasikan bisnis dari hilir ke hulu!( bawah ke atas)buat pondasi yang kuat, variasikan bisnis anda, tapi masih dalam satu konteks yang terkait! tujuannya adalah agar mendapatkan konsistensi profit yang stabil untuk jangka panjang! contohnya, anda jangan langsung buka mall besar!sebagai bisnis utama anda,  tapi buka toko kelontong dan buat banyak cabang di setiap daerah, atau provinsi! lalu buat perusahaan retail, dan distribusikan produk tersebut ke usaha cabang anda yang ada di seluruh pelosok! agar mendapatkan penjualan yang stabil, untuk jangka panjang!

 4 tips di atas saya rasa bisa anda terapkan dengan baik, seiring berjalannya waktu! memang tidak mudah, tapi saya yakin, jika usaha kecil anda mulai berhasil dan bertebaran di mana mana! saya yakin anda tidak akan bangkrut dengan mudah! tapi jika anda langsung mulai besar, pasti , dan kemungkinan besar anda mengalami pailit akan menjadi besar!
Ditulis oleh: Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz Updated at : 10.08

Arsip Blog

© BisnisAbiz