Bisnis Sampingan Modal Kecil Untuk Mahasiswa dan pemula | BisnisAbiz

Selasa, 22 September 2015

Bisnis Sampingan Modal Kecil Untuk Mahasiswa dan pemula



Apakah anda seorang mahasiswa yang baru ingin memulai bisnis sampingan modal kecil ? well, pada dasarnya ada banyak jenis usaha sampingan yang cocok untuk para mahasiswa atau pun pelajar! karena usaha ini bisa dibilang tidak terikat waktu dan keharusan harus selalu di tempat seperti bekerja di toko, atau pun jadi SPG atau pun SPB,  tapi yang namanya usaha atau pun bisnis sampingan pastinya apa yang anda dapatkan itu akan tergantung pada kerja keras anda! artinya, hasil yang akan anda dapatkan bisa jadi lebih besar, atau pun juga bisa lebih kecil!  Tapi, sebelum kita membahas bisnis apa saja yang cocok untuk anda, mungkin tidak ada salahnya bagi saya untuk memberikan sedikit hal atau pun prinsip tentang konsep dasar sebuah bisnis yang baik itu seperti apa, dan bisnis yang menguntungkan itu seperti apa ! tujuannya adalah agar anda tidak hanya terpatok memilih pada jenis usaha apa saja yang ada, tapi di harapkan anda bisa membuat usaha atau pun ide bisnis kreatif dari diri anda sendiri dan bisa menyesuaikan dengan sekitar anda! :) 

Ketika kita melakukan bisnis pada awal pertama, percayalah bro and sist, bahwa hal tersebut tidak akan mudah! bahkan sepuluh kali lebih buruk, dari yang kita bayangkan ;) yep! antara apa yang kita harapkan tadi malam! dengan kenyataan yang terjadi besok itu tidak akan sama! :) contohnya, pada saat kita melakukan bisnis atau pun usaha, pasti yang kita bayangkan adalah keuntungan dan uang yang berlimpah, dan mengalir dengan mudah ;) yah kan! hayo ngaku aja :P hehehehe!  tapi kok pada saat kita melakukan bisnis tersebut, rasanya ingin menyerah, karena ujian nya terlalu keras! terutama jika anda seorang yang tidak biasa melakukan sesuatu! atau biasa di sebut dengan anak mama :P HUEHEHEHE!  Tapi juga bukan berarti anak mama tidak bisa menjadi pebisnis yang baik! karena untuk bisa berhasil dan mendapatkan untung dalam sebuah bisnis, hal tersebut tidak menjadi masalah! artinya faktor terpenting dalam sebuah bisnis cuma satu! yaitu pengalaman dan pengetahuan! ;)

Contohnya anda melakukan bisnis pertama kali, dengan modal yang terbatas dan kecil!  yaitu berjualan sepatu! atau pun baju di kampus! logikanya kalau kita jualan produk tersebut akan laku, lantaran para mahasiswa pasti banyak yang butuh baju dan sepatu karena memang kebutuhan! tapi ketika kita melakukan bisnis tersebut, ternyata bisnis kita gagal! dan yang beli hanya sedikit! sementara biaya pengeluaran tidak sebanding dengan pemasukan, al hasil bisnis kita gatot! atau gagal total! :D hal tersebut biasanya akan terjadi! dan hal itu wajar! alasannya sederhana kok gan! karena sebelum ente melakukan bisnis pertama kali, ente gak pernah membaca artikel bisnisa.biz ;) HUEHEHEHE

ok, kali ini serious nih brow :D , pada dasarnya sebuah kegiatan bisnis bisa terjadi dengan sangat baik lantaran ada permintaan dan penawaran! atau biasa disebut dengan demand and supply, itu artinya jika anda ingin bisnis anda berhasil dengan baik, anda harus tahu betul, apa yang di minta oleh pembeli, dan anda sebagai pelaku bisnis harus bisa melakukan supply atau menawarkan dengan harga yang masuk akal! jika anda bisa melakukan hal tersebut maka akan terjadi penjualan dengan tingkat konversi yang tinggi, al hasil anda akan mendapatkan keuntungan dari kegiatan bisnis tersebut!


saya asumsi kan bahwa anda saat ini sudah mulai cerdas ;) huhehehehe! karena anda sudah tahu, bahwa sebuah bisnis bisa berhasil jika bisa memenuhi permintaan pasar! dan bukan tebak tebakan! :D pertanyaan besarnya adalah, bagaimana kita bisa tahu apa yang di inginkan oleh pasar ? betul tidak! karena kalau sampai kita bisa tahu, 80% bisnis yang akan kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan keuntungan! meski pun, untuk beberapa kasus tertentu hal tersebut bisa saja gagal, lantaran satu dua hal! tapi secara keseluruhan, bisnis kita bisa berjalan dengan baik!

Pada dasarnya untuk mengetahui permintaan pasar, memang bukan tugas yang mudah, terlebih jika pasar tersebut dalam jumlah besar, atau skala banyak! pasti nya akan diperlukan biaya yang tidak sedikit, dan hal ini terkadang bisa membuat anda harus mengeluarkan uang terlebih dahulu! singkat kata ente belum bisnis sudah rugi duluan! tapi sayangnya hal ini memang harus di lakukan, karena kalau tidak bisnis yang kita rintis akan menjadi sia sia saja, lantaran salah sasaran!


untuk mengetahui permintaan pasar atau biasa di sebut dengan riset pasar, ada banyak cara! misalnya dengan melihat bisnis apa saja yang berhasil dan ramai pada lokasi tersebut(observasi) dan yang kedua adalah dengan cara memberikan pertanyaan atau survey! dari survey tersebut bisa di ketahui produk apa saja yang berpotensi untuk di tawarkan!  dan cara yang ketiga yang biasa di lakukan oleh para pelaku bisnis online adalah, dengan melihat data dari Google adwords, tentang kata kunci apa saja yang sering di gunakan! tapi bisa juga dari data Microsoft Ads center, Facebook ads, dan sebagainya!

Misalnya, pada data Google Adwords terlihat ada 100 ribu kata kunci tentang tiket pesawat yang di ketik oleh para pengguna setiap bulannya! maka besar kemungkinan, jika kita berjualan tiket pesawat, akan laku keras! tapi seperti saya katakan, namanya bisnis ada saja yang membuat bisnis tersebut tidak berhasil, karena satu dua hal! jadi kalau pun menggunakan data tersebut, bukan jaminan pasti, bisnis kita akan berhasil! tetap saja, yang namanya faktor X akan selalu muncul tiba-tiba dan datang secara tidak terduga ;)jadi berhati-hatilah dengan hal tersebut! tapi pesan saya adalah untuk mengantisipasi faktor X tersebut, caranya adalah jangan bergerak terlalu cepat, karena kalau terlalu cepat! hal tersebut bisa memicu hal tersebut, tapi bisa juga akselerasi bisnis kita terlalu cepat, sementara pengetahuan dan pengelaman kita belum sampai pada tahapan tersebut, al hasil segala sesuatunya akan terkesan lambat, dan berantakan! ;)

mungkin analogi yang tepat adalah, anda seseorang yang cerdas yang bisa loncat ke kelas mahasiswa, meski pun umur anda hanya belasan tahun! mungkin secara kapasitas otak anda bisa dengan mudah menyerap materi pelajaran anak mahasiswa, tapi secara mentalitas, anda belum siap! dan pasti akan merasa tertekan, karena lingkungan sekitar anda tidak sama dengan teman teman SMP anda sebelumnya :D! Bahkan saya pun pernah mengalami hal tersebut, pada awal usaha online saya berjalan dengan cepat! biasa sehari dapat puluhan ribu, tahu tahu suatu hari saya bisa mendapatkan puluhan juta per hari! al hasil saya bingung harus apa dan bagaimana, hingga akhirnya apa yang saya lihat, bawaan nya ingin beli dan memiliki :P hehehhe! hingga akhirnya hidup saya berantakan, al hasil! bisnis online yang saya jalankan, hancur tidak karuan! dan balik lagi ke NOL, :P yep jadi gembel lagi ;) HUEHEHEHE!

Tapi dari situ saya belajar banyak, dan mendapatkan pengelaman serta pengetahuan, bahwa memulai sebuah bisnis itu, tidak harus modal besar! artinya kalau pun kita benar benar kere banget! kita bisa saja menjalankan bisnis yang tersedia! yang penting kuncinya, konsisten dan tangguh! artinya jalankan saja bisnis kita dari awal, meski pun modal pas pas an, tetap harus optimis, dan coba untuk menikmati apa yang kita lakukan! seiring waktu berjalan pasti bisnis kita akan mengalami perkembangan! yang penting kita harus sering sering evaluasi, dan melakukan pengetesan percobaan ! memang harus keluar dana dan biaya, tapi dari percobaan tersebut, kita bisa tahu, cara apa saja yang berhasil dan tidak! setelah kita tahu, maka kita bisa dengan mudah mengembangkan bisnis kita dengan sangat sangat baik! ;)

Bule bule bilang gan, bisnis itu test anda trial! kita tidak bisa yakin bahwa bisnis kita 100% pasti berhasil! tapi kita harus mencari tahu hal hal apa saja yang membuat bisnis kita bisa berkembang dengan baik! setelah kita tahu hal tersebut, tugas kita adalah memperbesar skalanya dalam jumlah yang besar! al hasil, kita bisa mendapatkan untung besar ;) hehehehe! kalau pun nantinya bisnis anda hancur hancuran tidak karuan, setidaknya anda akan mendapatkan pengalaman, dan tahu cara kerja bisnis tersebut ;) sebuah bisnis ibarat pohon, ada masa pertumbuhannya, dari tunas hingga akhirnya tumbang! hal tersebut biasa di sebut dengan business life cycle.

Tanpa terasa, sudah belasan paragraf sudah ane tulis, dan bahasannya pun sudah mulai ngalor ngidul gak karu karuan :P Huhehehee! a.k.a absurd!  tapi setidaknya saat ini anda sudah mulai sedikit paham, dan tahu bahwa bisnis kita bisa berjalan dengan baik, jika menawarkan produk tersebut tepat sasaran! cara mengetahui orang yang tepat adalah dengan mencari tahu, baik itu secara observasi, atau pun dengan melakukan pengumpulan data, atau pun melihat data(khusus untuk bisnis online), jika kita bisa meng implementasi kan hal tersebut pada bisnis kita, besar kemungkinan terjadi konversi penjualan, antara orang yang beli dengan jumlah orang yang di tawarkan(konversi) akan meningkat secara dramatis! al hasil biaya pengeluaran bisnis kita akan lebih efisien dan efektif! i.e profitable business ;)


Jika anda bertanya usaha apa sih yang cocok untuk para mahasiswa dan manula,(wew) yang bisa membuat kaya raya ? jawabannya cukup sederhana kok gan :) nobody know what works and what's not! tapi satu hal yang pasti, selama bisnis kita menawarkan apa yang di minta pasar! besar kemungkinan pasar akan merespon dengan baik! dengan kata lain, bisnis yang kata orang menguntungkan belum tentu bisnis tersebut akan menguntungkan anda!, sebagai contoh, saya bilang bisnis yang menguntungkan itu jualan sandal jepit! ;) tapi ketika anda menjual sandal jepit di kampus anda! belum tentu laku, lantaran para mahasiswa di larang memakai sandal jepit ketika masuk kelas :P huehehe! my point is, usaha yang anda pilih, harus bisa di sesuaikan dengan lokasi bisnis anda! karena kalau tidak, 99% bisnis atau pun usaha anda, akan salah sasaran! al hasil bisnis tersebut tidak menguntungkan, lantaran produk yang anda tawarkan tidak sesuai dengan permintaan! sebagai contoh, anda berjualan minuman, sementara mereka sedang lapar! apakah mereka akan membeli ? mungkin ada! tapi akan lebih baik, jika anda menjual minuman yang sehat dan menyegarkan, karena pastinya konversi penjualan akan meningkat secara DRAMATIS ;)  dan di situlah letak perbedaan antara yang pro dan yang tidak ;)  dan untuk beberapa kasus tertentu seorang pebisnis bisa melakukan manipulasi pasar dengan beberapa metode tertentu! tapi untuk saat ini memenuhi permintaan pasar adalah salah satu langkah yang paling masuk akal, untuk mendapatkan keuntungan dari sebuah kegiatan bisnis!

Ditulis oleh: Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz Updated at : 06.08

Arsip Blog

© BisnisAbiz