Cara Ampuh Mengatasi Kesulitan Bisnis Anda | BisnisAbiz

Minggu, 20 September 2015

Cara Ampuh Mengatasi Kesulitan Bisnis Anda




Mau tahu gan, cara mengatasi kesulitan dalam berbisnis ? mau tahu aja apa mau tahu banget nih ;) yuuk cekidot! Pada dasarnya dalam setiap kegiatan bisnis baik itu bisnis off line atau pun bisnis online, pasti mempunyai tingkat kesulitan tertentu, dan hal tersebut sangat wajar! karena kalau melakukan bisnis itu mudah! trust me gan, Uang itu tidak akan ada nilainya ;) singkat kata yang menjadikan uang bernilai lantaran ada tingkat kesulitan yang bisa kita pecahkan! dengan kata lain,  seorang pebisnis harus bisa mengatasi kesulitan bisnis yang dia hadapi! 

Pertanyaan besarnya adalah, bagaimana cara mengatasi kesulitan dalam sebuah bisnis yang kita jalankan ? betul tidak :D saya asumsikan kesulitan bisnis anda, adalah hal yang paling umum! seperti sulit berkembang, sulit untuk mencari modal yang besar, sulit pada awal bisnis, dan sebagainya! kalau kita berbicara tentang bisnis, pada dasarnya setiap pebisnis hanya mempunyai satu motif, yaitu profit atau keuntungan! dan hal itu sangat wajar, karena kalau kita melakukan bisnis tanpa berharap mendapatkan keuntungan saya rasa 1 banding 1 juta! mungkin idealis ada, tapi tetap saja! ujung ujungnya keuntungan! dengan kata lain kesulitan yang paling umum yang akan di hadapi oleh para pebisnis cuma satu, yaitu kesulitan dalam penjualan! karena Penjualan=Keuntungan=Berkembang!

Let's be real gan! bisnis tanpa penjualan pasti tidak akan untung! dan tanpa keuntungan sebuah bisnis pasti tidak akan berkembang! jadi sudah pasti 99% kesulitan pebisnis adalah tentang penjualan ;) jadi jangan heran jika banyak di koran koran selalu tersedia lowongan kerja sales! :D HUAHAHHAHA! well, somebody got to do the dirty jobs right ;) if not you, me or other people! as simple as is that! ok, kembali ke laptop! 

Kalau kita berbicara tentang penjualan, triknya cuma satu kok gan! tawarkan produk anda pada yang membutuhkan, dalam jumlah besar! ;) jika anda bisa melakukan hal ini, saya bisa jamin anda tidak akan pernah lagi mengalami kesulitan dalam bisnis apa pun! dan dengan sendirinya bisnis anda akan berkembang sangat sangat pesat!   sebagai contoh, saya habis lari pagi atau joging, setelah lari 1 kilometer, pasti dong saya merasa haus :) kalau ada seseorang yang menjual minuman, 80% kemungkinan pasti akan saya beli! :) tapi kalau anda menjual makanan, 99% akan saya tolak! betul tidak? coba anda bayangkan, jika anda menjual produk minuman, dan menawarkan produk anda pada ribuan orang yang haus! pasti kebayang dong, ratusan orang yang akan membeli produk anda! ;) 

Analogi di atas, buat sebagian orang memang sangat sangat simple, atau sederhana! akan tetapi dan sayangnya analogi tersebut adalah hal yang paling esensial! artinya dasarnya dasar dalam mengatasi kesulitan bisnis! :) jadi saya harap anda bisa mengingat analogi bisnis tersebut berulang ulang kali, selama seumur hidup anda! terlebih jika anda ingin menjadi seorang pebisnis sejati ;) huehehehe! 

Mungkin sebagian dari anda akan bertanya, saya tidak mengalami kesulitan dalam penjualan, tapi saya mengalami kesulitan dalam mencari pemodal besar, atau investor :) lebih dari 80% para pebisnis pemula pasti mempunyai pemikiran bahwa bisnis nya akan berkembang menjadi raksasa bisnis, jika mendapatkan suntikan modal dalam jumlah besar! betul tidak! :) tapi sayang seribu sayang gan, jika anda berharap seperti itu, saya rasa tidak akan mungkin seorang investor memberikan modal dalam jumlah besar begitu saja! mungkin investor tersebut akan memberikan dana kisaran 1 atau 2 juta, which is, dan saya yakin 1-2 juta pasti ente punya :D hehhee, al hasil berharap modal dari investor adalah harapan yang sia-sia atau semu! kalau menurut saya anda jangan berharap terlalu besar pada investor! singkat kata, anda harus mengembangkan bisnis anda sendiri! dan jika bisnis anda sudah berkembang dengan sendirinya, percaya atau tidak percaya gan, pasti investor akan datang berbondong bondong, memberikan duitnya ke pada anda ;) hehehe! mau tahu alasannya kenapa ? ;) sederhana kok gan, investor itu orang yang berpengalaman, jadi typical investor itu cenderung gak mau rugi! lagian siapa coba yang gak mau rugi ? anda saja tidak mau rugi kan :P hehehe!

mungkin sebagian dari anda saat ini mulai bertanya, terus langkah terbaik untuk mengembangkan bisnis kita apa dong gan ? sederhana kok brow! jualan yang banyak, test ini dan itu! saya yakin seiring waktu dan pengalaman, anda akan tahu cara mana saja yang ampuh dan mana yang tidak untuk mendapatkan penjualan! pada awal pasti agak ribet dan membingungkan, tapi setelah beberapa saat kemudian, dan pengalaman anda semakin bertambah, trust me bro! anda akan tahu dengan sendirinya, i.e Insting pebisnis anda mulai tajam!

sebagai contoh, jika anda pergi ke bundaran HI, pada hari minggu pagi, pasti banyak kan tuh yang habis lari pagi! kalau anda kreatif dan ingin mendapatkan untung, seharusnya anda berjualan di situ! tidak di pungut biaya, dan jumlah permintaanya bisa mencapai ribuan! :) bukan tidak mungkin anda bisa mendapat beberapa juta! dari berjualan minuman segar yang menyehatkan! cuma memang kalau gak biasa pasti kita gengsi juga :P hehehhee! tapi kalau tidak salah, ada bule kan yang berjualan di pinggiran HI situ :D tapi wajar bule kan gak tahu malu :D Hueheheheh! joking gan!


Pesan moralnya adalah! jangan berharap banyak pada sesuatu yang belum jelas juntrungannya, seperti berharap pada investor besar, pemodal dan sebagainya! jika saya jadi anda, saya akan mulai melakukan apa yang terbaik bagi bisnis saya, karena hal tersebut adalah hal yang paling masuk akal! mungkin bisnis kita tidak akan berkembang cepat, jika tidak ada modal miliaran! tapi juga bukan berarti anda tidak akan tertekan dan gagal, ketika investor memberikan dana yang besar! tidak ada seorang pun yang mengatakan bahwa bisnis itu mudah, jadi biasa kan lah dengan hal tersebut ;)

let's be real gan!



Ditulis oleh: Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz Updated at : 18.12

Arsip Blog

© BisnisAbiz