Arti Manunggaling Kawula Gusti Pro dan Kontra | BisnisAbiz

Kamis, 26 Januari 2017

Arti Manunggaling Kawula Gusti Pro dan Kontra




Mau tahu gan, arti manunggaling kawula gusti ? yuuk cekidot! Pada dasarnya istilah kata kata ini sudah sangat di kenal karena ini adalah ajaran Syekh Siti Jenar! kata ini pada dasarnya memiliki arti  menyatunya fisik antara hamba dengan tuhan! artinya kita bersatu dengan yang maha kuasa! memang sekilas terdengar absurd! atau sesat! terutama jika anda tipe ortodoks! akan tetapi kalau kita telaah lebih dalam lagi, makna istilah kata tersebut mengandung arti yang mendalam! jika anda tipe orang yang saklek/kekeh atau non modern, saran saya adalah jangan membaca artikel ini lebih lanjut! karena pastinya bisa mnimbulkan hal yang dilematis!

Tapi kalau anda tipe orang seperti ane, praktis pragmatis! ini adalah bahasan atau topik yang sangat menarik! 😎 beberapa orang sering mengatakan bahwa  manunggaling kawula gusti adalah sebuah ajaran sesat, karena karena praktik dengan perkataan tidak sejalan! misalnya, ente gak solat gan ? lalu ente jawab! udah kok,hati ane udah sholat ! booom! absurd banget kan!  😂

Jika anda mengatakan hal ini pada sesorang yang saklek! besar kemungkinan, orang tersebut akan menentang anda habis habisan! karena pada umumnya ketika anda sholat, yah harus melakukan secara fisik! baik itu gerakan atau pun ucapan! dan bukan hanya hati saja! akan tetapi untuk beberapa orang tertentu, hal tersebut tidak harus di lakukan secara fisik!

Jujur saja, beberapa teman saya sempat mengatakan hal tersebut! dan saya sempat penasaran! gila loe ndro! kaga sholat ngaku sholat! alibi banget! tapi dia mengatakan! apa iyah kalau sholat harus bergerak!, dalam hati saya! tentu saja, karena kalau cuma berkata kata sudah! tapi tidak melakukan dan terlihat! sudah pasti itu hanyalah sebuah alibi saja! contohnya, saya bilang saya kaya, punya duit triliunan rupiah! tapi mobil gak ada rumah pun masih kontrak! pastinya yang ada di pikiran anda, perkataan saya adalah BS atau bull5hit atau cuma omongan saja! betul tidak ? 

Orang waras mana pun pasti akan berpikir, bahwa segala sesuatu itu harus di lakukan dan tidak hanya hatinya saja, tapi juga harus ada gerakan dan perkataan! agar hal tersebut lebih real! ibarat orang kaya, gak bisa juga dong! berkata saya kaya dan punya banyak uang! tapi kok rumah masih ngontrak, rokok minta,hidupnya tidak jelas dan sebagainya!  tapi kalau di buktikan! jatuhnya riya dong ? Boom! 😎 tapi kalau kita bilang bullshit loh brur! suudzon dong ? Boom! 😎

Tapi seperti saya bilang, itu kan ajaran! yang artinya hal tersebut bisa di implmentasikan/diterapkan pada siapa pun! akan tetapi tidak semua orang akan bisa melakukan hal tersebut dengan baik dan benar! artinya bisa saja kan saya bilang, saya hebat! terlepas dari apakah saya mau memberikan bukti atau tidak! itu adalah urusan saya! betul tidak ?😎 

Tapi jika anda menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang absurd atau sesat! itu hak anda! karena biar bagaimana pun, tidak ada kewajiban antara kita dengan orang lain, harus begini dan begitu! betul tidak ? jadi inilah 3 point penting yang harus kita ambil tentang ajaran tersebut!

Pertama adalah, siapa pun yang berkata tentang apa pun! kita tidak mempunyai hak, untuk meminta bukti atau tidak! karena berbicara adalah hak prerogatif sesorang! artinya anak SD pun boleh saja bilang kalau dia jenius! terlepas dari semua nilai rapotnya merah(zonk)! betul tidak ? terutama jika kita bertanya! 

Yang kedua adalah, tingkah laku dan perbuatan mereka bukanlah tanggung jawab kita! toh kita tidak akan menanggung atas apa yang mereka lakukan! selama hal tersebut tidak melanggar aturan dan tidak merugikan orang lain! maka hal tersebut menjadi wajar! atau tidak masalah! tapi intinya adalah mereka boleh boleh saja say words! atau berkata kata! karena itu bukan urusan kita! selama hal tersebut untuk diri masing masing dan tidak di sebar luaskan!

yang ketiga adalah dan yang paling penting! lets be fair! nobody perfect! kita punya salah, kita gak sempurna! kalau kita marah marah dan membenarkan pada diri kita bahwa mereka salah besar! dan kita yang paling benar! something wrong with you! 😎 karena hal tersebut sudah menjadikan anda sebagai seseorang yang selfish! dan tidak benar! Coba anda bayangkan jika anda berkata A dan Z dan bilang mereka harus ini dan itu ! kira kira menurut anda apa yang akan terjadi ? 😎 pastinya akan ada pro dan kontra! tapi apa tujuan dari kontra tersebut? jika kontra atau pertentangan hanya menimbulkan masalah yang besar! sudah jelas anda salah besar! dan kalau pun kita ingin mengatakan bahwa yang benar itu benar dan yang salah itu salah! mungkin dengan cara baik baik, itu adalah hal yang paling baik! setidaknya tidak membuat orang lain menjadi gusar! dan ingat, ketika kita membuat orang gusar! bukan tidak mungkin hidup kita akan menjadi gusar! that's your choice! setiap pilihan pasti ada konsekuensi!

Memang agak sulit untuk di lakukan! terlebih jika kita tipe ortodoks atau saklek pada suatu hal! tapi justru di situlah nilai kekuatan dan kelemahan anda! 😎 kalau saya pribadi, saya tidak akan mengambil jalur tersebut! karena dari sisi praktis pragmatis, tidak efisien dan efektif! setidaknya hal tersebut bukanlah sesuatu yang harus di prioritaskan! dan buat saya pribadi, mau orang lain nungging kek, atau jungkir balik! that's not my problems! karena biar bagaimana pun prinsip dasar saya adalah Mind your own Business! 😎 kecuali jika hal tersebut sudah masuk dalam ranah mengganggu keamanan publik! besar kemungkinan hal tersebut akan menjadi masalah besar! dan kemungkinan nya adalah akan ada akan ada pihak yang harus menghentikan tindakan tersebut!

Tapi pesan moralnya adalah, kita boleh ngapa2in! karena toh kita udah pada gede! tapi ingat! risiko tanggung penumpang! 😎 dan saya harap, jika anda harus menanggung risiko! be fair! jangan nyalahin orang lain or what so ever! karena kebesaran seseorang terletak pada fairness dan integrity! artinya kalau dia salah, yah dia harus siap di hukum dan gak perlu alibi ini dan itu! karena percuma! toh ujung ujungnya ketauan juga! 😎

kalau kata babe ane nih gan! ngapain sih boong? percuma! mendingan jujur aja! orang ujung ujungnya bakalan ketahuan juga! after all! truth  it's only matter of times!  😎
  
Ditulis oleh: Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz Updated at : 23.28

Arsip Blog

© BisnisAbiz