Kebijakan Donald Trump Terhadap Indonesia | BisnisAbiz

Senin, 06 Februari 2017

Kebijakan Donald Trump Terhadap Indonesia




Mau tahu gan kebijakan donald trump terhadap indonesia ? yuuk cekidot! ;) Pada dasarnya kebijakan Donald Trump, pastinya tidak akan jauh jauh dari Sektor Imigrasi dan perdagangan! karena kita tahu bahwa trade balance US, bisa di katakan cukup parah! artinya minus nya bukan normal! dan kalau menurut saya sangat tidak normal! Jadi sangat wajar Jika Trump Ingin melakukan modifikasi aturan main dagang, dan mencoba untuk memperbaiki hal tersebut! karena siapa pun pemimpinnya! pasti akan melihat ke arah tersebut!

Pada dasarnya permasalahan US, itu adalah Mata uang, yang terlalu kuat! jadi tidak heran jika trade balance nya akan minus! lantaran importir akan lebih cenderung untuk impor! karena pastinya akan lebih profit! akan tetapi bagi seorang pemimpin atau presiden! Tindakan impor yang terlalu besar, sudah pasti akan menjadi masalah besar! Pada dasarnya masalah ini terjadi bukan tanpa sebab! karena biang masalahnya ada di Penguatan mata uang! artinya jika mata uang suatu negara terlalu kuat sudah pasti akan menimbulkan daya tarik yang besar bagi para pebisnis! termasuk, impor, imigran, jual beli, investasi dan sebagainya! 

Tapi yang paling parah dan terlihat jelas, yang di hadapi oleh Amerika adalah Trade balance! dan imigran! jika anda bertanya mengapa hal tersebut terjadi! seperti saya bilang, sebelumnya, para pebisnis akan cenderung impor, karena pastinya lebih murah, gak ribet dan untung besar! dalam hal ini RRC mengambil keuntungan! jadi tidak heran Jika Donald Trum, terang terangan akan melakukan meminimalisir impor dari RRC! karena kalau di diamkan saja, otomatis! akan timbul pengangguran dalam jumlah besar! terutama dalam sektor industri dan manufaktur! dan hal ini sudah sangat jelas! 

Sementara untuk imigran, adalah jika mereka bekerja di US! sudah barang tentu, gaji mereka bisa lebih besar! setidaknya gaji mereka akan lebih besar, ketimbang gaji dalam negeri! contoh sederhana nya adalah TKI kerja di Malaysia! sudah pasti gaji mereka lebih besar, ketimbang kerja di Pabrik mana pun di Indonesia! karena secara logika, gak mungkin kan buruh pabrik, di gaji 7-8 juta! 😎 Tapi percaya atau tidak percaya gan, kalau ente kerja di Malaysia, atau Singapura! sudah pasti bedanya bisa sangat sangat jauh! Kalau tidak percaya silakan tanya! tapi penyebabnya adalah Kurs mata uang.

Kurs mata uang yang terlalu kuat, sudah barang tentu akan memiliki efek negatif! positif nya adalah power dan value yang lebih tinggi, ketimbang mata uang negara lemah! tapi di satu sisi, efek negatifnya adalah menjadi magnet bagi para eksportir dan imigran! Jika Donald Trump Cerdas, sudah barang pasti dia akan membuat kebijakan yang berfungsi untuk menghambat lajunya dua masalah tersebut! 

Jika anda bertanya, kira kira kebijakan tersebut ada efek gak gan, ke Indonesia ? 😎 Good Question! saya bisa bilang dengan sangat sangat mudah! tidak ada! 😎 Karena Indonesia tidak terkait dengan masalah yang di hadapi US! karena sudah pasti Donald Trump yang cukup  cerdas! kalau dia memang cerdas, pasti prioritasnya akan terfokus pada biang masalah! i.e trade balance dan imigrasi! dan saya lihat Indonesia tidak bermasalah dengan US! terlebih US itu kan lebih banyak ekspor ketimbang kita! jadi sudah pasti mereka gak akan utak atik kita!

Bagaimana gan, dengan kebijakan yang berkaitan dengan isu Muslim ? well! Donald kan orang politik! menurut ente kalau Donald gak menggunakan atau menghangatkan Isu muslim! kira kira Donald bakalan menang gak ? 😎 Sudah pasti tidak! soalnya pebisnis mana pun, pasti tidak akan peduli peduli amat tentang kebijakan seputar dunia muslim! kecuali dia gak butuh minyak! 😅 Tapi Selama US masih butuh minyak dan tempat untuk ekspor! percaya deh gan! dia gak akan macam macam! 😎

Sebagai orang Indonesia yang cerdas gan! kita harus pintar! apa itu Gimik politik, dengan realita! artinya seorang pebisnis itu biasanya dia tidak akan ambil pusing soal agama! selama itu profitable, biasanya mereka akan baik baik saja! Tapi ketika buat pihak mereka tidak profitable! biasanya mereka akan melakukan tindakan! entah itu preventif, atau pun pelarangan! karena buat mereka, jika hal tersebut di diamkan! sudah barang pasti, mereka akan rugi! dan buat mereka rugi itu haram!😀

Jadi yah tidak heran juga, kalau Donald, akan membuat kebijakan habis habisan, yang terkait seputar imigrasi dan Trade balance! salah satunya adalah mencegah, Ekspor CHina! karena kalau di diamkan, lama kelamaan  hal tersebut akan menjadi masalah! karena secara logika, impor itu artinya tidak ada pabrik produksi! itu artinya tidak ada lowongan kerja! karena kalau tidak ada lowongan kerja, itu artinya tidak ada gaji! kalau gaji tidak ada, itu artinya tidak ada konsumsi! itu artinya bahaya bagi pertumbuhan ekonomi!  

Tapi sebetulnya gan, solusinya gampang! 😎 Cetak aja dolar yang banyak! lama lama kan nilainya turun! al hasil, RRC tidak bisa lagi Impor!(kalah murah) al hasil orang orang Indonesia bisa beli Iphone! PC, Mobil US dalam jumlah massal! betul tidak ?😎  kalau Iphone harganya 500 ribu! pasti dong ente beli selusin ? 😎 kalau mobil US harganya 20 juta! pasti dong ente beli! betul tidak ? 😎 Tapi di satu sisi gan, jika kita melakukan hal tersebut! percaya tidak percaya nih gan! saudara ente yang kerja di pabrik, bakalan kena PHK massal! 😂😂 Ngeri gak tuh ? dilema kan! 😂 buat blogger atau pebisnis online sih nggak ada msalah! 😎 hehehe!

Tapi apakah kebijakan US terhadap China dan pelarangan imigrasi negara muslim akan ada efek pada Indonesia ? well! long termnya pasti ada! tapi tidak akan terlalu signifikan! karena potensi Indonesia itu masih cukup besar, dan masih banyak ruang yang masih bisa di perbaiki! sebut saja, ekspor perikanan, bahan mentah, SDM dan sebagainya! selama Rupiah masih 13500 an! pasti ekonomi kita akan baik baik saja! 😂 Tapi kalau kurs rupiah vs dolar menjadi 5000 rupiah! percaya deh gan , siap siap saja! TKI  akan balik kandang dalam jumlah yang sangat massal! 😎  dan saya harap, ketika hal tersebut terjadi! pemerintah sudah punya lowongan kerja dalam jumlah yang sangat besar! karena kalau tidak, hal tersebut bisa menjadi masalah!

Kesimpulan nya adalah,  Kebijakan Donald Trump Terhadap Indonesia tidak ada yang signifikan akan mempengaruhi! dan bisa kita lihat, negara kita tidak di banned untuk masuk US! karena menurut saya Trump koar koar soal muslim! kemungkinannya adalah gimiknya dia! karena, biasanya orang orang bule itu kan butuh raja minyak! 😎 pasti lah, mereka gak akan aneh aneh!
Ditulis oleh: Bisnis dan peluang usaha BisnisAbiz Updated at : 13.40

Arsip Blog

© BisnisAbiz